Selasa, 11 Januari 2011

File Word Tidak Bisa di Edit dan di Copy

Posted by AGUS M. ALI MASKUR S.Pd.i 09.13, under | No comments

Document hanya bisa dibaca saja tidak bisa di copy (ctrl+c), tidak bisa diedit dan tidak bisa diapa-apakan (ini yang paling serem)”
Lupa Password ! Apa yang harus dilakukan ?



Untuk menjaga keutuhan text pada Ms. Microsoft Word terkadang kita melakukan protect document, tujuannya sederhana yaitu agar document terjaga dari tangan-tangan jahil yang ingin merubah isi dari document tersebut. Tapi terkadang protect document tersebut menjadi boomerang bagi si pemiliknya sendiri dikarenakan lupa password sehingga document tersebut tidak dapat di edit untuk diperbaharui, apalagi document yang diprotect tersebut berlembar-lembar jumlahnya wah bisa kacau tuh, mau diketik ulang sangat tidak mungkin karena malas dan melelahkan. yah senjata makan tuan dong… (gak apa asal jangan tuan makan senjata).
Tenang! jangan khawatir, document yang terprotect tersebut dapat kita buka kembali. Untuk dapat membuka document yang di protect tersebut jika lupa password adalah dengan cara sebagai berikut, (semoga dapat membantu) :
Tapi sebelum memulai sebaiknya kita mengetahui beberapa jenis protect document pada Ms.Microsoft Word antara lain adalah :

Tracked Changes
Comment
Filling In Form
No Change (Read Only)

Yang bisa kita aktifkan pada Menu Bar pilih Tools, kemudian kilk protect document, setelah itu kita juga harus mencheck list pilihan pada protect document tersebut seperti :

Formatting Restrictions
Editting Restrictions
Start Enforcement

Kemudian klik button Yes, Start Enforcing Protection, keluar dari document sebelumnya jangan lupa untuk menyimpan file tersebut. Selanjutnya untuk melihat effect dari settingan protect document kita buka kembali documentnya, kita bisa melihat apa yang terjadi pada document tersebut. Pada editting restrictions kita memilih :

Tracked Change kita masih bisa mengedit document tersebut.
Comment setiap kata yang diganti akan muncul komentar tentang kata apa saja yang kita hapus.
Filling In Form maka kata yang terdapat dalam document tersebut hanya bisa dibaca saja tidak bisa diedit tidak bisa di copy dan tidak bisa diapa-apakan (ini yang paling serem).
No Change (Read Only) maka document tersebut hanya bisa dibaca namun tidak bisa di edit tapi masih bisa di copy.

Permasalahan yang sering terjadi adalah pada no. 3 document hanya bisa dibaca tidak bisa diedit, tidak bisa di copy (ctrl+c) dan tidak bisa diapa-apakan dan untuk menon aktifkan protect documentnya kita lupa password. Maka langkah yang harus kita lakukan adalah :

Pada menu bar pilih save as

Pada Save As Type, simpan document dengan type Web Page, atau XML Document.
Setelah di Save As maka tutup document tersebut.
kemudian tutup document tersebut.

Selanjutnya kita buka kembali document yang telah kita save as dengan type Web Page tadi dengan membukanya di notepad atau open with notepad
cari kata yang mengandung kata "protection"
caranya :
Pada notepad tersebut tekan ctrl+f selanjutnya ketikkan kata protection, (ini hanya untuk memudahkan kita dalam mencari kata protection dalam notepad) selanjutnya klik Find Next.
Maka secara cepat kita akan menemukan kata protection, selanjutnya ini bagian terpenting dari pembahasan ini. Yaitu hapus 2 (dua) baris kalimat ini :
w:DocumentProtection Forms w:DocumentProtection
w:UnprotectPassword C782CE28 w:UnprotectPassword

Setelah itu kita save dan tutup noted tersebut.

Selanjutnya buka aplikasi Ms. Word kemudian pilih file, pilih open pilih file yang kita edit di notepad tersebut, dan hasilnya BAM !!!!! protection hilang, document terselamatkan dari lupa password.

jika tampilan lembar kerja word sangat lebar maka silahkan anda klik icon kecil di samping kiri paling bawah, pilih Print Layout View

Jadi sekarang kita tidak perlu khawatir lagi dengan document word yang tidak dapat diedit, dicopy karena terproteksi, bahkan kita bisa membuka file document orang lain yang proteksinya diaktifkan.. (tapi saya tidak merekomendasikan).

“Selamat mencoba” !!!

0 komentar:

Posting Komentar

KUMPULAN TELEVISI ONLINE. TINGGAL PILIH DAN KLIK